Langsung ke konten utama

Definisi Machine Learning dan Awal Mula Kemunculannya



Machine learning merupakan perpaduan dari berbagai disiplin ilmu yang sangat kompleks. Oleh sebab itu, untuk dapat memahami definisi machine learning secara akurat, kita perlu mengetahui latar belakang munculnya machine learning.

Berdasarkan beberapa sumber, istilah machine learning pada awalnya diperkenalkan oleh Arthur Samuel pada tahun 1959, melalui jurnalnya yang berjudul “Some Studies in Machine Learning Using the Game of Checkers”. Arthur Samuel mempertanyakan, “Bagaimana agar komputer dapat belajar untuk memecahkan masalah sendiri, tanpa harus di program secara eksplisit?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Samuel mencoba membuat program komputer yang dapat belajar bermain catur. Ia ingin agar komputer dapat “berpikir” dan “bermain catur” lebih baik dibandingkan dirinya. Impian Samuel berhasil terwujud pada tahun 1962 dimana program buatannya mampu mengalahkan juara catur dari negara bagian Connecticut Amerika Serikat.

Sehingga, orang pertama yang diakui membuat definisi machine learning adalah Arthur Samuel sendiri, berikut ini adalah machine learning menurut Samuel.


“Machine Learning is field of study that gives computers the ability to learn without being explicity programmed.”

Pada tahun 1998, Tom Mitchell mendefinisikan machine learning yang saat ini banyak digunakan di lingkungan akademik. Menurut Tom Mitchell, machine learning adalah sebagai berikut.


“A computer program is said to learn from experience E with respect to some task T and some performance measure P, if its performance on T, as measured by P, improves with experience E.”

Lalu bagaimana agar komputer dapat belajar, berpikir, dan mengambil keputusan sendiri? Bukankah komputer hanya benda mati yang sangat bodoh dan tidak bisa berbuat apa-apa kecuali diperintah oleh manusia melalui program-program khusus? Bagaimana membuat komputer menjadi cerdas?

Berbagai pertanyaan di atas akan coba kita jawab secara perlahan. Komputer akan belajar melalui data-data yang diberikan kepadanya. Prinsip ini menirukan cara belajar manusia. Seperti kita ketahui, manusia belajar melalui informasi yang diberikan oleh orang tua, guru, buku, video, dan sebagainya. Manusia belajar dari lingkungan sekitarnya. Demikian pula dengan komputer yang perlu diajarkan untuk menjadi cerdas.

Machine Learning menggunakan beberapa jenis algoritma yang secara berulang-ulang menuntun komputer untuk belajar dari data. Komputer akan diberikan input berupa data terus-menerus. Kemudian algoritma akan “berubah” sesuai data yang diberikan, sehingga “kemampuan berpikir” komputer akan meningkat.

Semoga penjelasan di atas sudah cukup untuk membuat kita memahami machine learning secara umum. Jika beberapa definisi dan penjelasan di atas dirangkum menjadi sebuah definisi baru, maka :

“Machine Learning adalah bidang ilmu komputer yang memberikan kemampuan komputer untuk dapat belajar dari data yang diberikan dengan teknik statistik tanpa diprogram secara eksplisit.”

Sekian dulu postingan kali ini, kita akan belajar tentang sejarah singkat machine learning pada postingan selanjutnya. See U! Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Data Crawling dan Scraping - Pengertian, Tools, dan Studi Kasus

PENGERTIAN Crawling Web Crawler adalah suatu program atau script otomat yang relatif simple, yang dengan metode tertentu melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Nama lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer. Proses crawling dalam suatu website dimulai dari mendata seluruh url dari website, menelusurinya satu-persatu, kemudian memasukkannya dalam daftar halaman pada indeks search engine, sehingga setiap kali ada perubahan pada website, akan terupdate secara otomatis. Web crawler dirancang secara algoritmik untuk mencapai kedalaman maksimum halaman dan merayapnya secara iteratif, menggali setiap data yang ada di internet seperti seperti : meta data, keyword, dan lain sebagainya. Kemudian web crawler atau si (spider man) ini akan meng index seluruh data kita ke dalam data base search engine. Sampai pada akhirnya halaman website akan ditampilkan di SERP (search engine rage...

Scraping Data Twitter Menggunakan Tweepy Python

Alat dan Bahan yang dibutuhkan : 1. Api Key Twitter 2. Jupyter notebook 3. Library Tweepy Disini saya menggunakan Anaconda ( https://www.anaconda.com/products/individual ) kalian juga bisa menggunakan teks editor seperti VSCode dengan membuat file berekstensi .ipynb. Untuk cara yang lebih jelas kalian bisa cek dokumentasinya saja. Langkah-Langkah : 1. Buka jupyter notebook 2. Klik New, lalu pilih Python 3 3. Install Library Tweepy jika belum punya, tulis saja pip install tweepy kemudian Run (Ctrl+Enter). Karena saya sudah menginstallnya, maka tampilannya seperti di bawah 4. Import library yang dibutuhkan seperti yang di bawah ini import tweepy from tweepy.streaming import StreamListener from tweepy import OAuthHandler from tweepy import Stream import time import json 5. Buatlah beberapa variabel untuk menyimpan API Token Twitter, kalian bisa copy paste script di bawah dan isikan variabel sesuai dengan API Key milik kalian. access_token = "<your access token...

Cara Mendaftar Akun Developer Twitter

Kali ini saya akan berbagi tutorial untuk membuat akun developer twitter. Jika kalian membutuhkan api key dari twitter untuk membuat aplikasi atau keperluan penelitian, maka terlebih dahulu kalian harus mengajukan permohonan pembuatan akun developer  1. Kunjungi https://developer.twitter.com/ 2. Kemudian login dengan akun Twitter kamu 3. Setelah itu, klik menu Apply yang ada di pojok kanan atas 4. Pilih Apply for Developer Account 5. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa hal semacam survey gitu, isikan saja sesuai keinginan kalian, kemudian klik Next 6. Kemudian kamu perlu memastikan akun yang ingin kamu gunakan, di sini kamu bisa beralih akun, membuat akun baru, atau mengganti email yang ingin kamu gunakan pada aplikasi ini. Selanjutnya di bagian bawah ada beberapa field yang perlu kamu isi, seperti negara dan nama aplikasi yang ingin kita buat, selanjutnya klik Next 7. Setelah itu ada beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab mengguna...