Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Machine Learning

Setelah sebelumnya kita belajar tentang apa itu machine learning, sekarang kita akan sedikit mengulik tentang sejarah singkat machine learning. Meskipun diyakini bahwa istilah machine learning pertama kali diperkenalkan oleh Arthur Samuel pada tahun 1962, pada kenyataannya ide dan pemikiran tentang machine learning sudah ada sejak dahulu. Sudah sejak lama manusia mendambakan mesin yang dapat bekerja dan berpikir sendiri layaknya manusia.

Berikut ini sejarah singkat machine learning yang mungkin tidak terlalu lengkap, namun semoga dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Era Sebelum 1900 :

Sebelum tahun 1900 tidak ditemukan bukti otentik tentang penemuan di bidang machine learning. Hal ini sangat wajar mengingat machine learning terkait dengan komputer, sedangkan komputer elektrik pertama kali dikenal sekitar tahun 1937. Meskipun begitu, sudah ada beberapa ide mesin pintar dan robot.

Seorang ahli mekanik berkebangsaan Yunani bernama Philon dari Byzantium (meninggal sekitar tahun 220 SM), telah mendeskripsikan konsep robot berbentuk perempuan pada bukunya yang berjudul “Compendium of Mechanics”. Robot ini dimaksudkan untuk dapat mencampur air dan anggur. Meskipun tidak pernah ada yang mewujudkan ide tersebut, namun inilah bukti tertulis pertama yang menunjukkan bahwa sejak dulu sudah ada orang yang berpikiran tentang mesin pintar.

Hero atau Heron dari Alexandria (10 – 70 M) mendapat ide dari Philon. Heron menemukan sebuah mesin yang bekerja menggunakan prinsip mesin uap. Ia berhasil membuat sebuah programmable robot. Meskipun masih sederhana, namun menurut Noel Sharkey (ahli komputer dari University of Sheffield), prinsip sistem kontrol yang dikembangkan oleh Heron sebanding dengan prinsip binary programming yang digunakan oleh komputer modern.


Heron of Alexandria
Di antara tahun 70 s/d 1700 M ditemukan beberapa robot lain yang sudah lebih maju dibandingkan dengan temuan Heron. Meskipun masih menggunakan prinsip mekanik, namun robot-robot tersebut dapat diprogram. Beberapa nama atau julukan untuk robot-robot tersebut antara lain : Leonardo’s Knight and Lion, The Praying Monk, Karakuri Ningyo, The Flute Player, The Writer, The Drawing Boy, dan masih banyak lagi.

Era sesudah tahun 1900 :  

Berikut ini beberapa penemuan yang ada setelah tahun 1900 :
  • 1913 : Andrey Markov menemukan teknik untuk menganalisa puisi yang disebut dengan Markov Chains. Di kemudian hari Markov chain ini banyak diaplikasikan pada berbagai game komputer dan aplikasi pengambil keputusan.
  • 1936 : Alan Turing memperkenalkan konsep universal machine yang kemudian disebut Turing machine. Mesin ini dapat melakukan perhitungan berbagai permasalahan komputasi. Konsep komputer modern diangkat dari ide Alan Turing.
  • 1937 – 1941 : Seorang profesor fisika dan matematika bernama J.V. Atanasoff, dari Iowa State University, mencoba memulai membuat komputer elektrik bersama seorang siswa bernama Clifford Berry. Komputer ini disebut Atanasoff-Berry Computer (ABC). ABC dapat menyelesaikan 29 persamaan secara simultan. Inilah kompter pertama yang diakui sudah dapat menyimpan informasi pada memori.
  • 1943 – 1944 : Dua orang profesor dari University of Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert, membuat komputer bernama Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). ENIAC diakui sebagai kakek moyang komputer digital. Komputer ini terdiri atas 18.000 tabung vacum dengan dimensi komputer sekitar 20 kali x 40 kaki dan berat 30 ton.
  • 1950 : Alan Turing mempublikasikan paper “Computing Machinery and Intelligence” yang berisi tentang kemungkinan menciptakan mesin yang dapat berpikir. Alan Turing mengajukan semacam tes yang disebut The Imitation Game yang kemudian orang sebut dengan Turing Test. Turing test merupakan proposal pertama yang berhubungan dengan Artificial Intelligence, idenya adalah agar komputer dapat lulus tes, maka komputer tersebut harus meyakinkan manusia bahwa komputer tersebut adalah manusia. Komputer harus dapat melakukan percakapan dengan manusia secara riil.
  • 1952 – 1962 : Arthur Samuel membuat program komputer yang dapat bermain catur. Program tersebut dapat belajar sendiri saat permainan dilakukan.
  • 1956 : John McCarthy dan Martin Minsky dibantu oleh Claude Shannon dan Nathan Rochester memperkenalkan istilah Artificial Intelligence atau AI. Tahun 1956 dianggap sebagai era kebangkitan AI atau biasa kita kenal dengan kecerdasan buatan.
  • 1957 : Frank Rosenblatt membuat desain neural network untuk diterapkan pada komputer. Desainnya disebut perceptron, yang mencoba menirukan cara kerja otak manusia.
  • 1960 : Henry J. Kelly, seorang profesor aerospace dan ocean engineering di Virginia Polythecnic Institute, mempublikasikan paper berjudul “Gradient Theory of Optimal Flight Paths” yang berisi teori tentang kendali (control theory). Teorinya banyak diadopsi pada AI dan ANN (Artificial Neural Networks).
  • 1963 : Donald Michie membuat mesin yang digunakan untuk mengimplementasikan reinforcement learning. Mesin ini dapat bermain game bernama Tic-Tac-Toe (noughtd and crosses).
  • 1967 : Algoritma “nearest neighbor) ditemukan. Algoritma ini membuat komputer dapat mengenali pola dasar (bacic pattern recognition).
  • 1970 : Seppo Linnainmaa mempublikasikan metoda umum bagaimana melakukan automatic differentiation (AD) untuk permasalahan discrete connected networks of nested differentiable functions yang dikemudian hari idenya disebut “backpropagation”.
  • 1979 : Seorang siswa dari Stanford University berhasil mengembangkan sebuah cart yang dapat membimbing dan menghidari rintangan (obtacles) dalam sebuah ruangan. Hasil karyanya kemudian disebut Stanford Cart.
  • 1980 : Kunihiko Fukushima memperkenalkan neocognitron, yaitu salah satu jenis artificial neural network yang kemudian menginspirasi munculnya Convolution Neural Networks (CNN).
  • 1995 : Corinna Cortes dan Vladimir Vapnik mempublikasikan Support Vector Machine (SVM). SVM ini merupakan salah satu metoda dan algoritma machine learning yang cukup handal untuk pengenalan tulisan tangan dan berbagai persoalan classification lainnya.
  • 1997 : Untuk pertama kalinya komputer bernama IBM’s Deep Blue mengalahkan juara catur dunia, yaitu Kasparov.
  • 2006 : Geoffrey Hinton memperkenalkan istilah “deep learning” untuk menjelaskan algoritma baru yang dapat membuat komputer “melihat”. Dengan deep learning ini maka komputer dapat membedakan objek dan teks pada gambar dan video.

Itulah sedikit sejarah perkembangan machine learning. Semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Scraping Data Twitter Menggunakan Tweepy Python

Alat dan Bahan yang dibutuhkan : 1. Api Key Twitter 2. Jupyter notebook 3. Library Tweepy Disini saya menggunakan Anaconda ( https://www.anaconda.com/products/individual ) kalian juga bisa menggunakan teks editor seperti VSCode dengan membuat file berekstensi .ipynb. Untuk cara yang lebih jelas kalian bisa cek dokumentasinya saja. Langkah-Langkah : 1. Buka jupyter notebook 2. Klik New, lalu pilih Python 3 3. Install Library Tweepy jika belum punya, tulis saja pip install tweepy kemudian Run (Ctrl+Enter). Karena saya sudah menginstallnya, maka tampilannya seperti di bawah 4. Import library yang dibutuhkan seperti yang di bawah ini import tweepy from tweepy.streaming import StreamListener from tweepy import OAuthHandler from tweepy import Stream import time import json 5. Buatlah beberapa variabel untuk menyimpan API Token Twitter, kalian bisa copy paste script di bawah dan isikan variabel sesuai dengan API Key milik kalian. access_token = "<your access token>

CARA HACK MEDIUM MEMBERSHIP - BACA ARTIKEL DI MEDIUM SEPUASNYA - 100% WORK!

  Hai teman-teman, kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya untuk mengakses semua story atau artikel di medium tanpa harus berlangganan dengan cara yang insya Allah legal. Langsung aja yuk. Syarat : Punya akun Twitter Langkah-Langkah : 1. Copy URL story atau artikel yang ingin kamu baca 2. Kirimkan URL tadi melalui DM Twitter. Kamu bisa mengirim DM pada akunmu sendiri. 3. Klik URL melalui DM Twitter tadi. 4. Selamat membaca :) Udaah gitu doang, haha! Selamat mencoba. Punya cara lain? Silahkan komen di bawah ya.. hehe

Cara Melihat Password Wifi menggunakan Cmd

Seringkali kita lupa menyimpan password, kan? Sebagai contoh, kita di tathering sama temen dan meminta password hotspotnya. Terus dikarenakan ada suatu masalah, tiba-tiba koneksi kita terputus dan perangkat kita meminta untuk mengisikan password kembali, tapi kita lupa nih passwordnya tadi apaan. Nah, untuk kasus yang seperti itu, ada sedikit trick jitu nih buat kalian, gimana cara melihat password wifi menggunakan Command Prompt atau Cmd di Windows. Kalian tinggal ikuti aja langkah-langkah di bawah ini : Langkah 1 : Buka Cmd (Command Prompt) Langkah 2 : ketik " NETSH WLAN SHOW PROFILE " kemudian tekan Enter Langkah 3 : ketik  " NETSH WLAN SHOW PROFILE 'NAMA-WIFI' KEY CLEAR "    kemudian tekan  Enter Langkah 4 : Di bawah Security settings, terdapat 'key content' itulah password dari network tersebut Kelar deh. Gimana, mudah banget kan? Selamat mencoba, semoga sukses ya 😀